INSTRUMEN PENDAMPINGAN PENGAJAR PRAKTIK CGP MODUL 1.1 DAN 1.2 | BULAN KE-1

 


INSTRUMEN PENDAMPINGAN PENGAJAR PRAKTIK

PENDAMPINGAN INDIVIDU NOL

 

Nama CGP                : Iman, S.Pd

Instansi                       : SMKN 1 Bayan

Langkah Pendampingan

Fokus Pendampingan

Instrumen

Responden

Awal

1)    Proses yang sudah berjalan dan capaian selama satu bulan

2)    Dukungan dari Ekosistem Sekolah


Instrumen 0.1

CGP

Inti

1)     Tantangan Belajar Daring

Instrumen 0.2

 

CGP

2)     Refleksi Penerapan Perubahan Kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara

-          Harapan Dan Kekhawatiran

-          Dukungan Kepala Sekolah

-          Implementasi Perubahan Di Ruang Kelas Sesuai Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

-          Rencana Tindak Lanjut Mengenai Perbaikan


Instrumen 0.3

CGP

Penutup

3)     Refleksi Proses Pendampingan

Instrumen 0.4

CGP

 

1.1  Instrumen Reviu Proses Pembelajaran Bulan ke-1

Petunjuk pengisian:

1.     Pendamping melakukan dialog dengan CGP.

2.     Pendamping mengajukan setiap pertanyaan pada tabel kepada CGP.

3.     Pendamping menuliskan respon pada kolom yang disediakan.

Tabel 0.1 Reviu proses pembelajaran Bulan ke-1

No

Pertanyaan

Respon CGP

1.

Proses apa yang sudah berjalan selama 1 bulan terakhir ini?

-          Pembelajaran secara daring melalui MLS

-          Google meet dengan instruktur

-          Aksi nyata terhadap materi yang didapatkan dari pembelajaran daring via MLS dan google meet dengan instruktur 

 

2.

Capaian apa yang diperoleh selama satu bulan terakhir?

Mengetahui dan memahami:

-          filosofi KHD

-          Profil pelajar pancasila

-          Nilai dan peran guru penggerak

-           Aksi nyata/penerapan KHD 

 

3.

Bagaimana dukungan dari ekosistem sekolah (Kepala Sekolah, Teman sejawat, Murid, sarana dan prasarana)

Alhamdulillah sejauh ini ekosistem sekolah mendukung

 

 

 

 

 

0.2 Instrumen Tantangan Belajar Daring

 Petunjuk pengisian:

1.     Pendamping melakukan wawancara terhadap CGP di lokasi pendampingan.

2.     Amati setiap pertanyaan wawancara berikut.

3.     Tuliskan respon CGP pada kolom yang disediakan.

Tabel 0.2 Respon CGP tentang Tantangan Belajar Daring

No

Pertanyaan

Respon CGP

1.

Apakah pembelajaran daring melalui LMS berjalan lancar?

 

Sejauh ini pembelajarn daring via LMS Alhamdulillah lancar

2.

Hambatan apa yang terjadi selama pembelajaran Daring ?

 

 

-          Kuota jaringan internet yang tidak menentu

-          jaringan lemot (tergantung cuaca)

-          manajemen waktu (antara kesibukan tugas sekolah dan tugas CGP), pada point ini saya sadar semuanya butuh waktu untuk bisa beradaptasi

 

3.

Bagaimana solusi Saudara untuk mengatasi hambatan yang terjadi tersebut?

 

 

 

-          Nebeng kuota sama kuota internet istri

-          Mengurangi fitur atau tool yang bisa membagi kuota internet ( waktu google meet hanya mengaktifkan suara saja, terkadang camera)

-          Membuat jadwal ( harapan bisa terus ingat, jika ada tugas yang harus di upload)

 

4.

Bagaimana rencana Saudara untuk mengantisipasi hambatan pembelajaran daring selanjutnya?

 

 

-          Mengecek sisa kuota internet

-          Meminta jadwal daring dirubah, hal ini jika memang tidak bisa dilakukan.

5

Hal-hal apa yang Saudara ingin ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran dalam LMS?

 

Penasaran dengan materi selanjutnya, serta tugas-tugas yang akan diberikan.


0.3 Instrumen Refleksi Penerapan Perubahan Kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD)

 Petunjuk pengisian:

1.     Pendamping melakukan wawancara terhadap CGP di lokasi pendampingan.

2.     Amati setiap pertanyaan wawancara berikut.

3.     Tuliskan respon CGP pada kolom yang disediakan.

Tabel 0.3 Pertanyaan  Refleksi Penerapan Perubahan Kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD)

No

Pertanyaan

Respon CGP

1.

Harapan dan Kekhawatiran

 

a.     Apa saja kekhawatiran yang Bapak/ Ibu CGP resahkan sebelum mengikuti  PPGP secara daring?

-          Tidak bisa optimal mengikuti sampai akhir pelatihan

-          Kewalahan dengan tugas disamping tugas di sekolah

 

b.     Kekhawatiran apa yang terjadi setelah mengikuti PPGP secara daring?

 

-          Alhamdulillah sejauh ini tidak ada, kekhawatiran sebelum mengikuti PPGP akhirnya terjawab, bisa dilalui dengan optimal semoga kedepannya tetap lancar

 

 

c.     Kekhawatiran apa yang terjadi setelah mengikuti PPGP secara daring?

 

-          Alhamdulillah sejauh ini tidak ada, kekhawatiran sebelum mengikuti PPGP akhirnya terjawab, bisa dilalui dengan optimal semoga kedepannya tetap lancar

 

 

d.     Apa saja harapan yang Bapak/ Ibu CGP impikan sebelum mengikuti  PPGP secara daring?

 

-          Bisa mengikuti pelatihan sampai selesai dan mendapatkan sertifikat

-          Menjadi guru seperti yang diharapkan dalam kegiatan PPGP

 

e.     Apa harapan-harapan tersebut sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini?

 

-          Alhamdulillah sebagian sudah terwujud

 

f.      Adakah harapan baru yang Bapak/ Ibu harapkan untuk pembelajaran 1 bulan ke depan?

 

-          Harapannya bisa membentuk diri menjadi Guru penggerak secara utuh seperti yang diharapkan PGP

2.

Dukungan Kepala Sekolah

 

Bagaimana dukungan Kepala Sekolah terhadap Penerapan Perubahan Kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD)?


Alhamdulillah mendukung dan selalu memberi motivasi untuk tetap semangat dan terus bergerak

3.

Implementasi Perubahan Di Ruang Kelas Sesuai Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

a.     Berdasarkan pembelajaran mengenai filosofi pendidikan yang sudah Bapak/ Ibu pelajari, apa perubahan yang Bapak/ Ibu lakukan di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara?

 

-          Membangun sikap disiplin

-          Kepemimpinan murid

-          Tutor sebaya

-          Membuat video pendukung belajar siswa

b.     Apa saja pembelajaran yang Bapak/ Ibu dapatkan sehingga perubahan tersebut dilakukan?

 

-          Pembelajarn praktik

-          Tutor sebaya

-          Membuat video pendukung belajar siswa

-          Pembelajaran daring wa dan blog

 

c.     Bagaimana respons peserta didik Bapak/ Ibu atas perubahan yang dilakukan?

 

-          Alhamdulillah sangat mendukung dan termotivasi untuk belajar walau tidak semua siswa bisa karena terkendala sarana, namun kekurangan ini menjadi saya bisa menggunakan pembelajaran tutor sebaya wadah untuk menumbuhkan kepemimpinan murid

 

d.     Bagaimana Bapak/ Ibu melihat respons tersebut?

 

-          alhamdulillah senang dan bangga bisa memberikan yang terbaik untuk mereka

 

e.     Hal apa yang sudah baik dari perubahan tersebut?

 

-          Tutor sebaya

-          Membuat video pembelajaran

-          Pembelajaran daring wa dan blog

 

f.      Apa saja yang perlu diperbaiki ke depannya?

-          Meningkatkan aktifikats / parsitipasi aktif anak dalam KBM

-          Meningkatkan kualitas video

-          Mengembangkan konten blog 

 

4.

Tindak Lanjut Perbaikan setelah pendampingan

Apa rencana tindak lanjut Bapak/ Ibu terkait perubahan praktik pembelajaran di kelas sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara?

 

Akan meningkatkan dan mengembangkan untuk bisa diimplementasikan ke dalam semua mata pelajaran dan harapannya bisa diterapkan juga oleh teman guru



untuk instrumen dalam bentuk ms word dapat di download di link berikut: 
https://docs.google.com/document/d/1EfEE19Ved-eNYUTXsxtg2eFk8u9K9sZu/edit?usp=sharing&ouid=116929276916500271183&rtpof=true&sd=true

Tidak ada komentar:

Posting Komentar