INSTRUMEN PENDAMPINGAN PENGAJAR
PRAKTIK
PENDAMPINGAN
INDIVIDU NOL
Nama
CGP : Iman, S.Pd
Instansi : SMKN 1 Bayan
Langkah Pendampingan |
Fokus Pendampingan |
Instrumen |
Responden |
Awal |
1)
Proses yang sudah
berjalan dan capaian selama satu bulan 2) Dukungan dari Ekosistem Sekolah |
Instrumen 0.1 |
CGP |
Inti |
1) Tantangan Belajar Daring |
Instrumen 0.2 |
CGP |
2)
Refleksi Penerapan
Perubahan Kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara -
Harapan Dan
Kekhawatiran -
Dukungan Kepala Sekolah -
Implementasi Perubahan
Di Ruang Kelas Sesuai Pemikiran Ki Hadjar Dewantara -
Rencana Tindak Lanjut
Mengenai Perbaikan |
Instrumen 0.3 |
CGP |
|
Penutup |
3) Refleksi Proses Pendampingan |
Instrumen 0.4 |
CGP |
1.1 Instrumen Reviu Proses Pembelajaran Bulan ke-1
Petunjuk pengisian:
1. Pendamping melakukan dialog dengan CGP.
2. Pendamping mengajukan setiap pertanyaan pada tabel kepada CGP.
3. Pendamping menuliskan respon pada kolom yang disediakan.
Tabel 0.1 Reviu proses pembelajaran Bulan ke-1
No |
Pertanyaan |
Respon CGP |
1. |
Proses apa
yang sudah berjalan selama 1 bulan terakhir ini? |
-
Pembelajaran secara daring melalui MLS -
Google meet dengan instruktur - Aksi nyata terhadap materi yang didapatkan dari pembelajaran daring via MLS dan google meet dengan instruktur |
2. |
Capaian apa
yang diperoleh selama satu bulan terakhir? |
Mengetahui dan memahami: -
filosofi KHD -
Profil pelajar pancasila -
Nilai dan peran guru penggerak - Aksi nyata/penerapan KHD |
3. |
Bagaimana
dukungan dari ekosistem sekolah (Kepala Sekolah, Teman sejawat, Murid, sarana
dan prasarana) |
Alhamdulillah sejauh ini ekosistem sekolah mendukung |
0.2 Instrumen Tantangan Belajar Daring
1. Pendamping melakukan wawancara terhadap CGP di lokasi
pendampingan.
2. Amati setiap pertanyaan wawancara berikut.
3. Tuliskan respon CGP pada kolom yang disediakan.
Tabel 0.2 Respon CGP tentang Tantangan Belajar Daring
No |
Pertanyaan |
Respon CGP |
1. |
Apakah pembelajaran daring
melalui LMS berjalan lancar? |
Sejauh ini pembelajarn
daring via LMS Alhamdulillah lancar |
2. |
Hambatan apa yang terjadi
selama pembelajaran Daring ? |
-
Kuota jaringan internet yang tidak
menentu -
jaringan lemot (tergantung cuaca) -
manajemen waktu (antara kesibukan tugas
sekolah dan tugas CGP), pada point ini saya sadar semuanya butuh waktu untuk
bisa beradaptasi |
3. |
Bagaimana solusi Saudara
untuk mengatasi hambatan yang terjadi tersebut? |
-
Nebeng kuota sama kuota internet istri -
Mengurangi fitur atau tool yang bisa
membagi kuota internet ( waktu google meet hanya mengaktifkan suara saja,
terkadang camera) - Membuat jadwal ( harapan bisa terus ingat, jika ada tugas yang harus di upload) |
4. |
Bagaimana rencana Saudara
untuk mengantisipasi hambatan pembelajaran daring selanjutnya? |
-
Mengecek sisa kuota internet -
Meminta jadwal daring dirubah, hal ini
jika memang tidak bisa dilakukan. |
5 |
Hal-hal apa yang Saudara
ingin ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran dalam LMS? |
Penasaran dengan materi
selanjutnya, serta tugas-tugas yang akan diberikan. |
0.3
Instrumen Refleksi Penerapan Perubahan Kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar
Dewantara (KHD)
1. Pendamping melakukan wawancara terhadap CGP di lokasi
pendampingan.
2. Amati setiap pertanyaan wawancara berikut.
3. Tuliskan respon CGP pada kolom yang disediakan.
Tabel 0.3 Pertanyaan Refleksi Penerapan Perubahan Kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD)
No |
Pertanyaan |
Respon CGP |
1. |
Harapan dan Kekhawatiran |
|
|
a. Apa saja kekhawatiran yang Bapak/ Ibu CGP resahkan sebelum
mengikuti PPGP secara daring? |
-
Tidak bisa optimal mengikuti sampai
akhir pelatihan -
Kewalahan dengan tugas disamping tugas di
sekolah |
|
b. Kekhawatiran apa yang terjadi setelah mengikuti PPGP secara
daring? |
-
Alhamdulillah sejauh ini tidak ada, kekhawatiran
sebelum mengikuti PPGP akhirnya terjawab, bisa dilalui dengan optimal semoga kedepannya
tetap lancar |
|
c.
Kekhawatiran apa yang
terjadi setelah mengikuti PPGP secara daring? |
-
Alhamdulillah sejauh ini tidak ada,
kekhawatiran sebelum mengikuti PPGP akhirnya terjawab, bisa dilalui dengan
optimal semoga kedepannya tetap lancar |
|
d.
Apa saja harapan yang
Bapak/ Ibu CGP impikan sebelum mengikuti
PPGP secara daring? |
-
Bisa mengikuti pelatihan sampai selesai
dan mendapatkan sertifikat -
Menjadi guru seperti yang diharapkan
dalam kegiatan PPGP |
|
e.
Apa harapan-harapan
tersebut sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini? |
-
Alhamdulillah sebagian sudah terwujud |
|
f. Adakah harapan baru yang Bapak/ Ibu harapkan untuk pembelajaran 1 bulan ke depan? |
-
Harapannya bisa membentuk diri menjadi
Guru penggerak secara utuh seperti yang diharapkan PGP |
2. |
Dukungan Kepala Sekolah |
|
|
Bagaimana dukungan Kepala Sekolah terhadap Penerapan
Perubahan Kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD)? |
Alhamdulillah mendukung dan
selalu memberi motivasi untuk tetap semangat dan terus bergerak |
3. |
Implementasi Perubahan Di Ruang Kelas
Sesuai Pemikiran Ki Hadjar Dewantara |
|
a.
Berdasarkan pembelajaran mengenai
filosofi pendidikan yang sudah Bapak/ Ibu pelajari, apa perubahan yang Bapak/
Ibu lakukan di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara?
|
-
Membangun sikap disiplin -
Kepemimpinan murid -
Tutor sebaya -
Membuat video pendukung belajar siswa |
|
b.
Apa saja pembelajaran yang Bapak/ Ibu
dapatkan sehingga perubahan tersebut dilakukan? |
-
Pembelajarn praktik -
Tutor sebaya -
Membuat video pendukung belajar siswa -
Pembelajaran daring wa dan blog |
|
c.
Bagaimana respons peserta didik Bapak/
Ibu atas perubahan yang dilakukan? |
-
Alhamdulillah sangat mendukung dan
termotivasi untuk belajar walau tidak semua siswa bisa karena terkendala
sarana, namun kekurangan ini menjadi saya bisa menggunakan pembelajaran tutor
sebaya wadah untuk menumbuhkan kepemimpinan murid |
|
d.
Bagaimana Bapak/ Ibu melihat respons
tersebut? |
-
alhamdulillah senang dan bangga bisa
memberikan yang terbaik untuk mereka |
|
e.
Hal apa yang sudah baik dari perubahan
tersebut? |
-
Tutor sebaya -
Membuat video pembelajaran -
Pembelajaran daring wa dan blog |
|
f.
Apa saja yang perlu diperbaiki ke
depannya? |
-
Meningkatkan aktifikats / parsitipasi
aktif anak dalam KBM -
Meningkatkan kualitas video - Mengembangkan konten blog |
|
4. |
Tindak Lanjut Perbaikan
setelah pendampingan |
|
Apa rencana tindak lanjut
Bapak/ Ibu terkait perubahan praktik pembelajaran di kelas sesuai dengan
pemikiran Ki Hadjar Dewantara? |
Akan meningkatkan dan
mengembangkan untuk bisa diimplementasikan ke dalam semua mata pelajaran dan
harapannya bisa diterapkan juga oleh teman guru |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar